Tips Foto Produk untuk Hasil yang Bagus

studio foto terbalik di jogja

Saat ingin mempromosikan sebuah produk, kita akan dihadapkan pada promosi lewat video atau foto. Kebanyakan pemilik bisnis lebih banyak memanfaatkan visual gambar untuk mempromosikan produk atau layanan mereka. Contohnya Anda adalah seorang pemilik bisnis online shop yang menjual pakaian. Dalam bisnis online, foto produk menjadi hal penting yang harus dipertimbangkan dengan baik. Ini dikarenakan foto produk akan membuat banyak orang memberikan keputusan akan melakukan pembelian atau tidak. Bayangkan jika Anda mengambil foto baju dengan asal-asalan. Maka sudah bisa dipastikan bahwa sama sekali tidak akan ada yang membeli baju tersebut. Lain hal jika Anda mengambil foto baju dengan angle terbaik. Tentunya akan ada banyak orang tertarik untuk melakukan pembelian.

11 Tips Foto Produk Untuk Mendapatkan Hasil Terbaik

Jangan sekali-kali menganggap remeh foto produk yang ditampilkan di media sosial. Untuk Anda yang masih belum juga menguasai teknik fotografi produk dengan baik. Berikut ini ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dengan baik jika ingin memfoto produk.

  • Menggunakan Kamera yang Tepat

Tiap-tiap kamera memang memiliki kualitas hasil yang berbeda-beda. Terkadang ada kamera yang terlihat biasa-biasa saja namun bisa memberikan hasil maksimal. Ini tergantung dari siapa yang memotret produk tersebut. Namun kebanyakan foto terbaik memang dihasilkan dari kualitas kamera yang memang baik juga. Anda bisa memanfaatkan kamera DSLR atau SLR untuk bisa mendapatkan hasil gambar yang tajam dan bagus. Jika belum memiliki kamera, maka isa menggunakan kamera handphone.

  • Pencahayaan Harus Terang

Saat akan mengambil foto produk, pastikan bahwa pencahayaan di sekitar produk cukup terang supaya hasil fotonya bagus. Anda bisa memanfaatkan ring light untuk menambah pencahayaan. Selain itu juga bisa memanfaatkan sinar matahari untuk sumber cahaya utama saat foto produk. Sinar matahari memang lebih banyak disarankan karena alami dan hasilnya akan lebih bagus. Untuk mendapatkan hasil maksimal maka bisa mengambil foto produk di luar ruangan.

  • Hindari Memakai Flash

Untuk orang awam biasanya akan memanfaatkan flash saat memfoto produk. Ini dimaksudkan untuk mendapatkan tambahan cahaya. Padahal menggunakan flash saat foto produk sangat tidak disarankan. Sebab flash pada handphone akan membuat hasil foto produk jadi kurang bagus. Akan lebih baik jika Anda bisa menggunakan ring light atau memanfaatkan sinar matahari saja. Namun jika menggunakan cahaya matahari, usahakan jangan terlalu siang, karena akan membuat terlalu terang pada hasil foto.

  • Menyiapkan Background

Background menjadi trik wajib ketika foto produk dengan menggunakan kamera HP atau DSLR. Dengan menggunakan background ini akan sangat menunjang hasil foto produk. Untuk mendapatkan hasil yang baik, pastikan untuk memilih background natural atau basic. Background putih menjadi pilihan tepat untuk hasil foto produk yang bagus. Warna netral bisa membuat gambar jadi lebih menonjol dan memudahkan untuk mengedit. Untuk memanfaatkan hasil lebih maksimal, bisa membuat studio mini untuk mengambil gambar produk. Studio mini bisa menggunakan kardus bekas dan kertas.

  • Memilih Angle yang Tepat

Sudut pandang atau angle saat mengambil gambar produk juga mempunyai pengaruh pada hasil akhir foto. Jika Anda ingin mendapatkan foto produk bagus dan menarik, maka harus memotret dari angel yang tepat. Perlu diketahui bahwa untuk mendapatkan angle tepat bukan hal mudah. Biasanya pemotretan harus dilakukan beberapa kali untuk bisa mendapatkan hasil tepat. Mengambil banyak foto dari berbagai sudut tidak akan menjadi masalah. Bisa jadi dari salah satu foto tersebut ada yang menarik dan sesuai selera.

  • Menggunakan Pengaturan Medium Sampai Maksimal

Ada banyak orang yang memotret produk menggunakan pengaturan maksimal di kamera. Namun banyak fotografer yang menyarankan menggunakan pengaturan medium saja untuk hasil bagus. Dengan menggunakan pengaturan medium, maka akan memudahkan dalam proses editing. Sebenarnya bisa saja menggunakan pengaturan maksimal, tetapi resolusi yang dihasilkan akan tinggi. Ini akan menghambat ketika proses editing atau loading gambar.

  • Menggunakan Model

Pemakaian model umumnya hanya untuk produk tertentu saja. Misalnya produk pakaian yang memang menggunakan model. Pebisnis online di bidang fashion memang disarankan untuk menggunakan model untuk menarik lebih banyak audience. Anda bisa menggunakan model langsung atau manekin. Namun akan lebih baik jika menggunakan model langsung. Dengan begitu pengambilan gambar bisa dari berbagai angel. Selain bisnis fashion, masih banyak fashion lain yang bisa menggunakan model. Misalnya foto produk makanan, minuman, skincare, dan lainnya.

  • Menggantung Produk

Terdapat satu trik yang bisa dicoba untuk membuat foto produk jadi lebih bagus dan menarik, yakni dengan menggantungkan produk. Untuk menggantungkan produk bisa menggunakan tali atau gantungan lainnya. Namun harus diperhatikan bahwa tidak semua produk bisa digantung. Umumnya trik ini banyak dipakai untuk membuat foto produk baju. Dengan menggantung produk akan membuat jadi lebih menarik dan menambah minat konsumen.

  • Menghindari Editing Berlebihan

Sebelum diperkenalkan pada audience, biasanya foto produk akan melewati proses editing terlebih dahulu. Dengan melewati editing gambar ini akan membuat foto produk jadi lebih menarik tentunya. Dalam proses editing ini tentunya tidak boleh berlebihan. Cukup lakukan editing sederhana saja, dengan begitu gambar akan jadi lebih menarik. Editing berlebihan hanya akan membuat produk terlihat kurang menarik.

  • Jangan Gunakan Zoom Saat Memotret

Trik lain yang harus dihindari saat foto produk adalah tidak menggunakan zoom. Zoom atau memperbesar ukuran saat memotret memang membantu, tetapi hasilnya akan kurang bagus. Jika menggunakan zoom, maka akan terlihat pecah dan kurang bagus. Apabila Anda ingin mendapatkan dari dekat, ada baiknya jika mendekatkan kamera ke produk saja. Cara ini memang sedikit ribet, namun hasilnya akan lebih baik jika dibandingkan menggunakan zoom.

  • Menambahkan Watermark

Supaya foto produk tidak di plagiat oleh orang lain, ada baiknya untuk menambahkan watermark. Watermark sendiri difungsikan sebagai penanda produk milik sendiri. Pemberian watermark bisa masuk dalam editing untuk menambah daya tarik foto produk tersebut.

Mendapatkan Foto Produk yang Bagus dan Menarik

Nah itulah beberapa tips yang bisa diaplikasikan ketika akan memfoto produk. Bagi Anda yang tidak suka ribet memfoto sendiri namun ingin mendapatkan hasil foto produk berkualitas. Tidak perlu khawatir karena bisa bekerja sama dengan jasa foto produk yang sudah berpengalaman. Namun pastikan untuk memilih jasa foto produk yang benar-benar berpengalaman. Ini dimaksudkan supaya Anda bisa mendapatkan hasil foto produk yang terbaik dan sesuai keinginan.

Untuk mendapatkan jasa foto produk yang sudah berpengalaman memang tidak mudah. Namun bukan berarti tidak bisa menemukan jasa tersebut. Anda bisa meminta rekomendasi dari teman atau kerabat yang pernah menggunakan jasa foto produk. Selain itu juga bisa mencari dari sosial media dan internet. Pastikan untuk mengetahui seluk beluk jasa foto produk dengan baik. Jadi nantinya tidak akan kecewa pada hasil yang diberikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *