Langkah Mudah Mendapatkan Fotografer Pernikahan Terbaik

Harga Paket Prewedding

Momen pernikahan diharapkan hanya sekali seumur hidup ini tentunya harus berjalan dengan baik dan lancar. Sebisa mungkin hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi atau bisa ditanggulangi secara baik. Menjelang hari pernikahan, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan dengan baik sebelumnya. Mulai dari mencari gaun pengantin, memilih MUA, memilih catering, memilih jasa fotografer dan lainnya. Salah satu hal penting yang harus dipertimbangkan adalah jasa fotografer. Bayangkan jika Anda sampai salah memilih jasa fotografer. Salah-salah, momen foto prewedding atau foto wedding malah tidak sesuai keinginan.

Supaya Anda tidak salah dalam memilih jasa fotografer, berikut ini ada beberapa langkah yang harus dipastikan terlebih dahulu.

  • Rekomendasi

Memang benar Anda bisa mendapatkan jasa fotografer pernikahan sendiri tanpa bantuan. Sebab di media social sudah banyak jasa fotografer yang menawarkan jasa mereka. Namun tidak ada salahnya jika Anda meminta bantuan teman atau kerabat yang sudah pernah menggunakan jasa fotografer sebelumnya. Biasanya mereka akan memberikan rekomendasi jasa fotografer yang tepat. Selain itu Anda pun bisa bertanya-tanya mengenai jasa fotografer yang direkomendasikan oleh mereka. Mulai dari berapa biaya, bagaimana hasilnya, dan masih banyak lainnya.

  • Perhatikan Pelayanan yang Diberikan

Pihak jasa fotografer yang baik tentunya akan memberikan pelayanan yang baik kepada setiap calon klien. Dimana klien disambut dengan ramah dan mampu menjawab pertanyaan secara rinci. Dengan begitu, orang yang akan menggunakan jasa fotografer tersebut akan menjadi lebih nyaman untuk bertanya-tanya lebih jauh. Oleh sebab itulah, akan lebih baik jika Anda bisa mendapatkan jasa fotografer yang benar-benar baik dan ramah dalam pelayanan.

  • Melihat Hasil Fotonya

Setiap jasa fotografer tentu memiliki teknik-teknik tersendiri dalam menghasilkan foto. Nah Anda bisa mencoba untuk melihat hasil foto dari jasa fotografer yang sudah diincar. Apakah angle-angle foto yang diambil di sebuah pernikahan sesuai selera dan keinginan atau tidak. Perlu diketahui bahwa ada beberapa fotografer yang menyukai foto terang supaya momen bisa terlihat jelas. Tetapi beberapa fotografer lain lebih suka dengan gaya sedikit berkabut atau dark, supaya terlihat istimewa. Namun untuk hal ini tetap kembali kepada Anda dan pasangan menginginkan style foto seperti apa yang disukai.

  • Memilih Fotografer Utama

Di beberapa jasa mempunyai fotografer utama. Apabila Anda menyukai salah satu hasil foto, maka bisa menanyakan fotografer mana yang telah menghasilkan karya tersebut. Sebisa mungkin harus bisa mendapatkan fotografer yang hasilnya sesuai selera. Namun jika memang fotografer terkait tidak menyanggupi karena sudah kontrak dengan klien lain. Mau tidak mau, Anda harus mundur dan mencari fotografer lainnya. Tetapi sebelumnya pelajari terlebih dahulu hasilnya. Atau jika memang ingin berganti vendor pun tidak masalah, asal belum melakukan kesepakatan terlebih dahulu dengan vendor terkait.

  • Mengenali Fotografer Anda

Pastikan Anda sudah berbicara dengan fotografer yang dipilih dan memastikan bisa diajak kerja sama dengan baik sebelum hari H. Anda harus memberitahu apa yang diinginkan saat foto pernikahan, termasuk siapa saja yang harus mendapatkan lebih banyak foto. Apabila Anda mempunyai referensi, maka bisa menunjukkan dan menanyakan apakah bisa membuat hal sama. Hal-hal ini dimaksudkan supaya hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi.

  • Memahami Paket yang Ditawarkan

Kemudian Anda juga harus memastikan dengan baik paket apa saja yang ditawarkan oleh jasa fotografer. Sebab satu jasa fotografer dengan yang lainnya bisa memberikan paket yang berbeda-beda. Beberapa hal yang harus dipastikan saat melihat paket adalah dari segi berapa lama fotografer bekerja (mulai dari prewedding sampai hari H). Selanjutnya dari berapa album yang nantinya didapatkan, apakah bisa mengajak keluarga dan teman foto studio, dan hal lainnya. Sebelum Anda benar-benar akan menggunakan jasa fotografer tersebut. Anda harus sepakat dengan fotografer demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Dengan memahami antara klien dan fotografer, maka kedua belah pihak akan mendapatkan kepuasan bersama.

  •  Mengetahui Biaya Jasa

Bukan hanya pelayanan, hasil serta paket foto saja yang harus diperhatikan saat ingin bekerja sama dengan jasa fotografer. Untuk biaya paket yang ditawarkan pun sudah berbeda-beda. Paket A mungkin lebih murah dibandingkan dengan paket B. Selain itu Anda juga harus mempertimbangkan biaya lain yang dibebankan. Anggaran memang menjadi hal yang cukup krusial ketika merencanakan pernikahan. Oleh karena itulah, jangan sampai Anda membuat biaya yang berlebihan karena kurang teliti dalam memeriksa detail kontrak.

Beberapa fotografer memang bisa memberikan penawaran paket upgrade, tentunya dengan tambahan biaya lagi. Semisalnya masih masuk anggaran, maka tidak masalah untuk sekadar menanyakan. Namun jika anggaran sudah pas atau tinggal sedikit lagi. Ada baiknya jika untuk menahan diri menggunakan paket yang ditawarkan oleh fotografer tersebut.

  • Menandatangani Kontrak

Apabila Anda bekerja sama dengan vendor fotografer yang besar, ada baiknya untuk membuat kesepakatan terlebih dahulu. Sebelumnya baca baik-baik kontrak yang ada. Anda juga bisa membandingkan antara surat kontrak satu vendor dengan vendor lainnya jika memungkinkan. Pastikan dengan baik bahwa kontrak yang ditulis dipakai untuk menghindari perselisihan antar kedua belah pihak. Bukannya memberatkan pihak satu dengan lainnya.

  •  Mempertimbangkan Dokumentasi Video

Vendor fotografer yang benar-benar berpengalaman pasti tidak hanya menawarkan jasa foto saja. Namun juga jasa dokumentasi video. Umumnya vendor sudah menambahkan ke dalam paket yang nantinya akan ditawarkan ke klien. Nah, Anda bisa melihat hasil video vendor yang sudah dihasilkan terlebih dahulu. Anda juga bisa membicarakan dengan vendor mengenai angle video yang diinginkan.

  • Waktu Penyelesaian

Beberapa vendor fotografer memang bisa memberikan hasil foto dalam waktu singkat. Namun beberapa membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama. Nah dari sini Anda harus tahu bahwa terkadang vendor juga bisa ramai oleh klien dan kurang ramai. Bisa jadi vendor yang cepat karena memang banyak karyawan dan job terbilang sedikit. Tetapi bukan berarti vendor ini tidak laku ya, hanya saja sedang sepi job. Sedangkan untuk vendor lain yang membutuhkan waktu lama bisa jadi karena karyawan sedikit dan sedang ramai klien. Meskipun begitu Anda tetap bisa meminta deadline pengerjaan hasil kepada vendor. Dengan begitu Anda tidak perlu cemas atau menunggu-nunggu kapan selesainya.

  • Alat yang Digunakan

Apabila Anda memang cukup mengerti mengenai dunia fotografi, tidak ada salahnya untuk menanyakan detail alat apa yang dipakai. Namun jika Anda orang awam, maka cukup mengamati portofolio-nya. Apakah fotonya cukup tajam, warnanya baik dan cahaya bagus.

Nah itulah beberapa tips yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan jasa fotografer yang benar-benar sesuai keinginan. Jangan sampai Anda salah memilih jasa fotografer dan berakhir dengan kekecewaan. Momen pernikahan ini harus dirayakan dengan baik dan hanya sekali seumur hidup. Jadi pastikan untuk membuat rencana yang benar-benar matang dan tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *